Tips Mempersiapkan Burung Sebelum Kontes

lomba Burung-BerkicauBanyak penggemar burung berkicau bukan sekedar hobi memelihara burung di rumah tapi juga ada yang memang mengkondisikan burung kicauannya untuk ikut di lombakan, baik itu sekedar hanya iseng - iseng saja maupun suatu Prestice di kalangan Kicau Mania untuk mendongkrak harga jual burung tersebut.

Perlu dipahami bahwa burung yang akan dibawa ke arena tempur dilapangan harus diperhatikan secara rinci, dan kita harus benar-benar memperhatikan kualitas burung kita, baik mental, volume suara, gaya, fisik, dan variasi-variasi ocehannya, tidak jarang burung yang sudah tampil bagus dirumah akan ngambek sesampainya dilapangan, bisa juga penyebabnya adalah faktor fisik dan mental yang kurang siap dan beberapa hal non teknis.

Mengikuti burung ke dalam perlombaan burung berkicau, kita harus  mengetahui kualitas mental, suara atau volume dan fisik burung kita dan jangan mengikuti nafsu keinginan kita karena yang bertanding bukan kita tapi burung kita, biasanya burung kita jika dirumah rajin berkicau dan terlihat vit tapi begitu turun di arena lomba malah melempem kaya krupuk tidak mau fighter atau tidak bekerja dilapangan, banyak hal yang demikian di alami oleh seluruh burung peserta kontes, mungkin saja hal tersebut karena kurangnya persiapan khusus yang pada akhirnya sangat membuat kita kecewa.

Ada beberapa hal sedikitnya yang perlu diperhatikan saat kita akan mengikut sertakan burung kita ke arena lomba agar kondisi mental dan performa burung stabil sesampainya di Lapangan, diantaranya adalah :

  1. Persiapkan burung yang akan dilombakan kira-kira 2 – 1 minggu burung tersebut jangan dibawa latihan atau dipertemukan dengan sejenisnya atau lawan jenisnya, namun 2-3 hari sebelum lomba boleh didekatkan dengan betinanya jika memang setelannya seperti itu ( biasanya burung anis merah ).

  2. Sering dikerodong/kain penutup sangkar dan boleh dibuka seperlunya seperti mandi jemur dan memberikannya makanan.

  3. Sesaat sebelum berangkat dari rumah menuju arena lomba, burung diberikan makanan yang segar dan alami seperti telor semut ( kroto ), ataupun buah-buahan segar seperti apel, pepaya, pear, pisang. ( Untuk pemberian kroto sebaiknya diberikan 4-5 harinya sebelum turun lapangan secara rutin berikanlah secukupnya dan jangan ada yang tersisa di sangkar, karena kroto atau makanan yang tersisa dapat menyebabkan  busuk ).

  4. Sebelum berangkat, semprotkan atau spray burung tersebut secukupnya agar burung tidak kepanasan dan akan tetap segar.

  5. Tutup sangkar burung dengan krodong secara rapat dalam perjalanan ( krodong/kain penutup sangkar) harus pas ukurannya dengan sangkarnya, jangan terlalu besar.

  6. Untuk jarak lomba yang dekat kurang dari 2 jam perjalanan burung tidak perlu diberikan obat anti stres, tapi jika perjalanan menumpuh waktu lebih dari 3 hingga 7 jam diperlukan obat anti stres sekitar 2-3 hari sebelum berangkat.

  7. Burung sebaiknnya sudah sampai di lokasi lomba, kurang lebihnya 2 jam sebelum dimulai lomba agar burung tidak mengalami stres ataupun merasa kaget, alasannya agar burung tenang dan istirahat dahulu setelah menempuh perjalanan.

  8. Simpan dan gantang burung kita sesampainya dilokasi dengan mencari tempat yang teduh dan jauhkan dari burung lomba lainnya, dan krodong segera dibuka sebagian saja agar burung dapat menghirup udara segar kembali.

  9. Beri kroto ataupun jangkrik dan ulat hongkong sesuai dengan menu dan makanannya agar burung  segar kembali.


Cukup sudah saya berbagi info kepada para pecinta burung berkicau, saya rasa tips diatas bisa dipakai jika burung anda ingin mengikuti lomba, ini adalah sekedar sharing saja yang mungkin bisa menjadi manfaat buat para pehobi burung di Indonesia, dan atas kekurangannya mohon dimaklumi.


Sumber Kliping Selengkapnya Klik Disini