Merawat Love Bird Bagi Pekerja Yang Sibuk

Merawat Love Bird Bagi Pekerja Yang Sibuk, Dewasa ini memang banyak sekali para pecinta lovebird ngekek yang sibuk bekerja sehingga merasa kurang waktu dalam merawat LB jagoannya. Tetapi disisi lain mereka juga tetap menginginkan untuk menggantangkan/ ikut lomba diwaktu2 yang senggang dan tetap moncer digantangan. Berikut saya tulis beberapa tips sharring dari para master yang mungkin berguna untuk kita semua.

Lokasi / Ruangan, Untuk Rekan2 yang sibuk bekerja disarankan memiliki ruangan khusus yang mendapatkan sinar matahari cukup di pagi hari dan siang hari, usahakan ventilasi/ jendela menghadap ke timur sehingga bagi kita yang tidak sempat melakukan ritual penjemuran tidak repot karena otomatis pagi hari LB kita sudah terkena sinar matahari. Penghawaan ruang/ sirkulasi udara juga harus kita perhatikan, dengan memperbaiki / menambahkan lubang2 pada dinding ruangan. Kondisikan situasi ruangan terasa alami dan sejuk dengan menempatkan tanaman2 atau membuat kolam kecil dengan pompa air sehingga terdengar suara gemericik air.
Settingan Harian, Untuk settingan bisa disesuaikan dengan jadwal kerja kita masing2, intinya untuk makanan harian jangan pernah dirubah sesuai kesukaan LB jawara kita. Untuk EF dan vitamin berikan seminggu 2 - 3 kali sebagai selingan. Setiap pagi sebelum berangkat kerja buka kerodong dan berikan sekat apabila LB kita lebih dari 1 ekor. Sepulang kerja baik sore / malam hari lakukan ritual mandi malam dengan melepas pakan + minum terlebih dahulu , angin2kan sampai kering (dekatkan lampu penghangat ruang kalau diperlukan), setelah itu kerodong kembali.
Menjelang Lomba, Seminggu atau 3 hari menjelang lomba setiap hari kita lihat kondisi LB kita terlebih dahulu, semisal terlihat rajin ngekek, badan kencang (tidak menggelembung) maka lovebird kita layak untuk digantangkan. Tetapi apabila terlihat sering menggelembung dan tidak fit maka lebih baik kita cancel terlebih dahulu daripada "kondangan" alias KO pada saat lomba. Berikan Asupan Vitamin + EF setiap hari mulai dari H - 3 untuk menambah stamina supaya LB fit ketika dilapangan. Pada saat dilapangan sesuaikan settingan seperti kebiasaan kita masing2.Selamat Mencoba.

Demikian sharring tips singkat dari saya, apabila ada para master yang ingin menambahkan ilmunya silahkan ikut corat coret, semoga bisa jadi ilmu yang bermanfaat, indahnya berbagi.... salam

Lemper......ekekekekkekeke